The Athlete’s Paradox

Athlete’s Paradox

Peningkatan simpanan lemak pada otot skelet dapat meningkatkan sesistensi insulin dan begitu pula sebaliknya. Salah satu marker atau penanda adalah Intramyocellular Triglyceride atau IMTG sebagai penanda simpanan lemak dalam sel otot. Pada individu yang mengalami obesitas dan diabetes mellitus tipe 2, peningkatan kadar IMTG berhubungan dengan resistsensi insulin. Meskipun demikian hal ini tidak berlaku bagi atlet. Latihan dapat meningkatkan simpanan lemak otot dan juga sensitivitas insulin pada atlit. Hal ini sering disebut sebagai “Athlete’s Paradox”. Peningkatan IMTG juga terlihat individu non atlit yang menjalani latihan jangka pendek atau pada musim latihan tertentu.

What is the basis for this paradox?

Bahwa pada atlet yang mengalami peningkatan kadar DGAT1 dalam sel ototnya terjadi peningkatan kadar TG yang kemudian menurunkan kadar DAG dan ceramide di dalam sel otot.

DGAT adalah enzim yang mengkatalisis pembentukan TG pada sel mamalia dengan menggabungkan DAG dan fatty acyl-coA. Dengan demikian DGAT memacu penyimpanan TG dan mengurangi kadar asam lemak. DGAT1 yang meningkat juga mampu melindungi atlet dari penurunan kadar GLUT 4 dan 1 yang terjadi selama pemberian diit tinggi lemak. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko mengalami resistensi insulin akibat kelebihan asam lemak.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Liu dkk. diketahui bahwa sel otot hewan yang aktif berenang memiliki kadar DGAT dan TG yang lebih tinggi namun kadar DAG yang lebih rendah dibandingkan kontol. Hal ini menunjukan bahwa pada otot yang aktif melakukan olahraga terjadi peningkatan simpanan TG di otot akibat aktivitas enzim DGAT yang meningkat sehingga DAG menjadi berkurang. Hal ini serupa dengan yang terjadi pada percobaan sebelumnya yaitu dengan uji overekspresi DGAT1.

Sumber

Upregulation of myocellular DGAT1 augments triglyceride synthesis in skeletal muscle and protects against fat-induced insulin resistance

Li Liu, Yiying Zhang, Nancy Chen, Xiaojing Shi, Bonny Tsang and Yi-Hao Yu

article available at : http://www.jci.org/articles/view/30565

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: