Asam amino esensial dan Performa Atlet

Oleh: Harry Freitag LM

Ketersediaan asam amino penting sebagai pengatur metabolism protein otot. Interaksi paska latihan dari proses metabolisme asam amino dan peningkatan cadangan memaksimalkan stimulasi sintesis protein otot dan mengakibatkan otot lebih besar dibanding ketika melakukan diet tanpa kehadiran asam amino. Hanya dengan mengkonsumsi sejumlah kecil asam amino yang dikombinasikan dengan karbohidrat, dapat meningkatkan anabolisme protein otot, tetapi masih harus diteliti bila respon sementara ini diterjemahkan pada periode latihan yang panjang.

Sebagian besar penelitian menegaskan bahwa peningkatan penggunaan protein, sebagai “bahan bakar” dan untuk perbaikan, meningkat saat latihan aerobik, terutama pada latihan dengan intensitas tinggi dan durasi lama kegiatan. Asupan protein lebih tinggi dari Amerika Serikat Food and Drug Administration’s Recommended Dietary Allowance (RDA), menunjukkan peningkatan ketahanan energi tambahan dan saat latihan.

Beberapa studi baru-baru ini menyatakan bahwa mengonsumsi asam amino esensial sebanyak 3-6 gam sebelum dan atau setelah latihan dapat merangsang pembentukan protein. Ermack et al. Menemukan bahwa mengonsumsi asam amino esensial bersamaan dengan karbohidrat segera setelah latihan ketahanan dapat meningkatkan adaptasi terhadap latihan pada pria non-atlet. Secara teoritis, hal ini dapat dijelaskan sebagai efek asam amino esensial yang dapat meningkatkan pembentukan protein dan adaptasi terhadap latihan. Karena asam amino esensial juga mengandung BCAA (branched chain amino acid) maka efek biologis yang disebabkan oleh asam amino esensial terkait dengan fungsi BCAA. International Society of Sports Nutrition Menyebutkan bahwa BCAA merupakan kelompok asam amino yang dapat merangsang pembentukan protein, membantu pembentukan glikogen kembali, mencegah kelelahan dan menjaga fungsi metabolisme aerobik. Sehingga pemberian asam amino esensial bersama dengan karbohidrat dapat dikatakan aman dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: