Makanan bagi Diabetesi dengan Gangguan Ginjal dan Hipertensi

Oleh: Harry Freitag LM

Gangguan ginjal merupakan komplikasi utama dari pasien diabetes mellitus dengan prevalensi 20% pada orang dengan diabetes mellitus tipe 2. Nefropati diabetik disertai dengan proteinuria dan dipertensi dijumpai pada pasien tersebut. Tekanan darah tinggi mempercepat perkembangan dan kparahan penyakit ginjal tersebut dimana kontrol glikemik yang buruk dan asupan protein yang tinggi dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit ini. Pemberian protein kedele telah terbukti menurunkan kejadian proteinuria pada pasien dengan nefropati diabetik. Anjuran asupan natrium untuk orang dengan diabetes sama dengan penduduk biasa yaitu tidak lebih dari 3000 mg, sedangakan bagi yang menderita hipertensi ringan hingga sedang dianjurkan 2400 mg natrium per hari.

Pengaturan terapi gizi medik bagi pasien dengan hipertensi difokuskan pada pengurangan berat badan dan asupan natrium. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah alkohol, kalium, kalsium dan komposisi diit (asupan lemak total, lemak jenuh dan kolesterol). Diit rendah lemak yang juga meliputi konsumsi buah-buahan dan sayuran (5-9 sajian perhari) serta produk susu rendah lemak yang kaya akan kalium, magnesium dan kalium dapat mengurangi tekanan darah. Respon pengurangan natrium dapat lebih terlihat pada individu yang sensitif terhadap garam. Beberapa studi meta-analisis menyebutkan bahwa pengurangan asupan natrium pada individu dengan diabetes mellitus yang mengalami hipertensi dapat menurunkan tekanan darah menjadi 5 mmHg (sistolik) dan 2 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan individu yang tidak membatasi asupan natrium.

Referensi

Anderson JW. Diabetes Mellitus: Medical Nutrition Therapy. Dalam : Modern Nutrition in Health and Disease, 10th Edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2006: 1052-1053.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: