Gizi Ibu Hamil

Oleh: Harry Freitag LM

Kebutuhan makanan bagi ibu menyusui lebih banyak daripada makanan wanita normal maupun makanan Ibu hamil. Kegunaan makanan tersebut adalah untuk memulihkan kondisi fisik setelah melahirkan dan meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) yang cukup dan sehat untuk bayi. Berikut adalah kebutuhan zat gizi bagi ibu menyusui :

Energi

Kebutuhan kalori pada masa menyusui jauh lebih besar dibandingkan pada waktu hamil. Pada umumnya wanita menyusui memerlukan tambahan 500 kalori diatas kebutuhan hariannya. Kebutuhan ini akan jauh lebih banyak lagi apabila anda menyusui bayi kembar. Bila berat badan dibawah berat badan ideal, maka asupan kalori harus lebih banyak lagi.

Protein

Wanita hamil membutuhkan protein 30 – 40% lebih banyak dari kebutuhan normal. Wanita menyusui harus mengkonsumsi 65 g protein selama 6 bulan pertama dilanjutkan 62 g selama 6 bulan kedua. Beberapa penyelidikan menyebutkan kebutuhan protein selama menyusui bahkan lebih besar dari angka-angka tadi. Bila konsumsi protein kurang maka produksi air susu pun akan berkurang. Cadangan protein dalam tubuh juga akan berkurang. Menurut Depkes RI (2005) kebutuhan protein untuk ibu menyusui ditambah sebesar 17 gram dari kebutuhan normalnya.

Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dalam air susu mencerminkan kandungan vitamin dalam makanan ibu. Kecukupan mineral dari bayi yang disusui sangat tergantung pada air susu ibunya. Kebutuhan vitamin dan mineral wanita menyusui lebih tinggi dari kebutuhan normal. Vitamin A, vitamin B6, vitamin D, asam folat, kalsium, fe dan seng sangat diperlukan selama menyusui.

Cairan

Wanita menyusui membutuhkan tambahan asupan cairan guna prosuksi ASI. Penambahan asupan cairan adalah sebesar 500-1000 ml untuk meghasilkan ASI yang adekuat (Moore, 1994).

Referensi

Moore, M. C. (1994). Buku Pedoman Terapi Diet dan Nutrisi. Jakarta: Hipokrates

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: