VITAMIN E DAN PENYAKIT JANTUNG

Vitamin E merupakan suatu vitamin yang penting dalam pencegahan penyakit jantung karena kemampuannya dapat berfungsi sebagai antioksidan, mengatur respon inflamasi dan mengatur homeostasis vaskuler. Vitamin E merupakan antioksidan pemecah rantai yang mencegah propagasi dari kerusakkan akibat radikal bebas pada membran bilogis. Zat ini merupakan “pemakan” radikal peroksil yang potensial terutama untuk melindungi polyunsaturated fatty acid dari membran dan plasma lipoprotein. Hal ini disebabkan oleh reaksi vitamin ini yang 1000 kali lebih cepat bereaksi dengan radikal peroksil dibandingkan dengan PUFA. Gugus hidroksil fenolik dari tokoferol akan bereaksi dengan radikal peroksil untuk membentuk lipid hidroperoksida dan radikal tokoferol.

Selain bekerja sebagai antioksidan, tokoferol juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengatur respon inflamasi. Tokoferol menghambat 5-lipoxygenase yang akan mengurangi pelepasan interleukin 1β (IL-1 β). IL-1 β merupakan sitokin yang dapat merangsang sekresi molekul adhesi seperti vascular adhesion molecule 1 (VCAM-1), intercellular cell adhesion molecule 1 (ICAM-1) dan E-selectin yang bertanggungjawab terhadap kejadian atherosclerosis. Tokoferol juga dapat mengurangi sekresi VCAM-1, ICAM-1 dan E-selectin melalui kemampuannya dalam mempengaruhi protein kinase C. Hal ini dibuktikan dengan suplementasi vitamin E yang dapat mengurangi produksi monosit superoksida dengan menghambat produksi protein kinase C.

Tokoferol juga dapat berfungsi sebagai pengatur homeostasis vaskuler. Tokoferol memdeiasi produksi nitric oxide pada sel endothelial yang dibutuhkan untuk menjaga respon vaskuler yang normal. Pada studi dengan menggunakan kelinci, tokoferol dapat menjaga respon relaksasi terhadap asetilkolin yang diperantarai transfer fosfolipid plasma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: