PENGUNAAN VITAMIN E PADA SETING KLINIS PENYAKIT JANTUNG

Penelitian yang pertama kali dengan menggunakan vitamin E untuk mencegah mencegah serangan jantung dilakukan di Inggris dan dipublikasikan pada tahun 1996. Berdasarkan penelitian tersebut, vitamin E terbukti dapat mencegah serangan jantung kedua. Meskipun demikian, penelitian lanjutan pada sample yang lebih besar menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Dalam kurun waktu 10 tahun setelah penelitian tersebut dipublikasikan, ada sekitar 200 uji klinis yang dilakukan terhadap manfaat vitamin E. Dan dari meta-analsis dan review terhadap penelitian-penelitian tersebut ditunjukkan bahwa suplementasi vitamin E tidak memiliki manfaat ataupun bahaya tertentu. Kelemahan dari penelitian-penelitian tersebut adalah tidak digunakannya biomarker dari stress oksidatif, peroksidasi lipid maupun konsentrasi vitamin E plasma yang digunakan.

Hasil dari penelitian klinis ini bertolak belakang dengan penelitian-penelitian ilmu dasar yang sebelumnya telah dipaparkan memiliki efek protektif terhadap penyakit jantung. Bahkan semakin membingungkan mengingat tidak diketahuinya proses yang menunjukkan kebutuhan tubuh akan vitamin E, bahkan mengarah pada pertanyaan mengapa manusia membutuhkan vitamin E.

Penelitian longitudinal dengan menggunakan suplemen vitamin E untuk mencegah penyakit jantung telah dilakukan dan menunjukkan bahwa suplementasi vitamin E 6oo IU selama 10 tahun pada wanita dengan usia lebih dari 45 tahun akan menurunkan 24% kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Pada wanita yang berusia 65 ke atas, suplementasi vitamin E berhubungan dengan penurunan kejadian penyakit kardiovaskuler sebanyak 26%, pengurangan kejadian myocard infarction sebanyak 34% serta pengurangan kematian akibat penyakit kardiovaskuler sebanyak 49%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: