PEMBERIAN PREBIOTIK DAN PROBIOTIK PADA BAYI

Probiotik merupakan mikrobia hidup yang jika dikonsumsi dapat merangsang respon sistem imun. Efek biologisnya spesifik pada galur tertentu dan membutuhkan sifat dan kemampuan dalam membentuk kolonisasi. Prebiotik adalah zat gizi yang tidak tercerna seperti galactooligosaccaride (GOS) pada air susu ibu manusia yang merangsang pertumbuhan dan akivitas pertumbuhan dari bakteri menguntungkan di flora usus dan juga mungkin dapat menghasilkan efek imun secara langsung.

Mikrobia usus berkontribusi terhadap metabolisme energi inangnya. Bakteri probiotik mungkin dapat meningkatkan ambilan zat gizi dan meningkatkan status gizi. Di Estonia, bayi yang diberikan susu dalam botol dan menerima formula L rhamnosus GG selama 6 bulan tumbuh 6 bulan lebih baik dibandingkan dengan yang menerima formula biasa. Di Amerika serikat, pertumbuhan anak pada usia 3 hingga 24 bulan antara yang menerima Bifidobacterium lactis dan Streptococcus thermophilus atau a placebo tumbuh dengan pola yang sama. Secara konsisten, pertumbuhan normal diobservasi pada kedua studi ini tidak dapat mendukung peningkatan pertumbuhan dengan probiotik pada bayi selain yang bergizi baik.

Kejadian infeksi saluran pernafasan lebih rendah pada kelompok symbiotic sejalan dengan studi acak dengan skala besar bahwa L rhamnosus GG meningkatkan ketahanan terhadap infeksi respirasi pada bayi yang mendatangi perawatan bayi. Di percobaan multicenter Israel, L reuteri dan B lactis tidak memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran nafas pada anak-anak di day care, namun penggunaan L reuteri berhubungan denganĀ  rendahnya pemberian antibiotic. Bayi Australia yang menerima L acidophilus postnatal selama 6 bulan tidak menerima perlindungan terhadap atopy atau infeksi respirasi namun lebih sering diberikan antibiotic.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: